Kamis, 25 September 2014

Lumajang adalah kota kecil, termasuk kabupaten yang berada di jawa timur dan yang mempunyai pusat pemerinntahannya sendiri, terletak di kawasan tapal kuda. Lumajang berbatasan dengan kabupaten probolinggo dibagian utara, samudera hindia dibagian selatan, kabupaten jember dibagian timur, dan kabupaten making dibagian barat. Lumajang memiliki slogan yang berbunyi kawasan ATIB BERSERI yang mempunyai arti, yaitu Tertib, Bersih, Sehat Indah dan Asri. Yang sudah tidak asing lagi bagi warga lumajang dan sekitarnya. Kota lumajang mempunyai pusat kota yaitu di alun-alun kota, disana terdapat sebuah taman untuk bermain, belajar, ataupun hanya sekedar bersantai-santaibersama teman, keluarga, dan disana juga terdapat pusat pemerintahan.
Lumajang mempunyai gunung tertinggi yaitu gunung semeru yang saat ini masih aktif, selain semeru juga terdapat gunung bromo, gunung lemongan, dan gunging argopuro. Mata pencaharian warga disana sebagai petani, nelayan, terutama pencari pasir, karena lumajang memiliki kualitas pasir yang baik. Selain itu lumajang memiliki cirri khas yaitu disebut sebagai kota pisang, pisang yang terkenal di lumajang adalah pisang agung yang berukuran besar, dan tersebar di daerah Senduro, Ranuyoso, Klakah. Pisang bisa diproduksi sebagai olahan kripik pisang, kolek, dan lainnya.
Kuliner khas lumajang yaitu lontong sayur, rujak. Selain itu budaya khas lumajang yaitu jaran kencak. Wisata yang berada dikawasan lumajang sangat banyak, yang saya tahu dan saya pernah kunjungi itu diantaranya Ranu Klakah tepatnya di Desa Tegalrandu Kecamatan Klakah, Watu Godeg di Kecamatan Tempursari, Pemandingan Alam Selokambang di Desa purwosono Kecamatan Sumbersuko Goa Tetes Pronojiwo, Pantai Bambang terletak di pantai selatan di desa Bago Kecamatan Pasirian, banyak mitos mengungkap bahwa Pantai Bambang adalah tempat bersemayamnya Nyi Roro Kidul Puncak, Perkebunan Teh Kertowono Gucialit terletak di Desa Gucialit Kecamatan Gucialit dan masih banyak lagi wisata-wisata yang ada di kabupaten lumajang, tapi sayangnya saya kurang tahu yang lainya, mungkin kapan-kapan saya akan mengunjunginya dan mempostingnya.
Sekian dulu yang saya postingkan, dari kota lumajang !!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar